GuidePedia

0
Bagiamana cara sukses Budidaya Lobster Air Tawar Dan Analisa Usahanya?





Disclaimer :
Peluang usaha budidaya lobster air tawar sangat menguntungkan dan menjanjikan. Banyak orang yang mencari lobster air tawar mulai dari kebutuhan konsumsi rumah tangga hingga berbagai usaha kuliner.

Konsumen lobster air tawar
Konsumen budidaya lobster air tawar memang tidaklah sulit, konsumen budidaya lobster air tawar cukup besar mulai dari konsumsi rumah tangga hingga berbagai usaha kuliner.


KENDALA DALAM BUDIDAYA LOBSTER:
•Harga lobster air tawar naik turun
•Terbatasnya ketersediaan indukan lobster air tawar
•Tingginya tingkat persaingan
•Penyakit white spot disease (WSD)
•Penularan kutu
•Benih lobster mudah mati

JENIS – JENIS LOBSTER AIR TAWAR

1.Red Claw (Cherax quadricarinatus) Jenis lobster ini biasanya hidup di rawa, danau, atau sungai. Binatang ini biasanya hidup di daerah Queensland, Australia. Red claw merupakan hewan yang tergolong omnivora, memakan anekan tanaman dan hewan lain. Red claw biasa disebut sebagai capit merah karena memiliki strip merah di bagian luar capit pejantannya. Hewan ini memiliki badan yang berwarna kebiru-biruan dengan motif merah seperti batik. Red claw merupakan lobster air tawar yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia.

2.Yabby (Cherax destructor). Yabby biasa ditemukan di alam bebas di Negara Australia, yaitu di New South Wales dan Victoria. Yabby hidup di perairan air tawar yang kaya akan kandungan oksigen dan tanaman air. Yabby memiliki capit yang besar dan biasa digunakan untuk melindungi dirinya dari lawan serta berfungsi untuk memegang makanan. Lobster yabby dapat tumbuh hingga mencapai bobot 400 gram.

3.Red Swamp Crayfish (Procambarus clarkii). Habitat asli red swamp crayfish adalah Amerika Selatan. Namun, saat ini sudah banyak dibudidayakan di beberapa wilayah seperti Asia, Eropa, dan Ausralia. Red swamp crayfish dapat ditemukan di perairan tawar yang memiliki suhu hangat seperti di persawahan, sungai-sungai yang mempunyai aliran air yang tidak deras, bendungan, dan juga sistem irigasi. Red swamp crayfish memiliki ukuran badan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan lobster yang lain. Beratnya hanya mencapai 50 gram dengan masa pemeliharaan 3—5 bulan.

4.Marron (Cherax tenuimanus). Marron merupakan lobster air tawar yang memiliki bobot tubuh cukup besar. Bobot tubuh marron dapat mencapai berat 300 gram dalam waktu dua tahun. Marron berasal dari sungai yang mengalir di hutan, terutama pada bagian barat Australia. Marron bisa hidup pada suhu air 12,5—24°C, dan tidak bisa hidup di suhu 30°C. Marron cukup sulit untuk dibesarkan di daerah tropis karena sangat rentan, bahkan akan mati dengan kondisi suhu air 30°C.

Memulai bisnis budidaya lobster air tawar

Bisnis peternakan lobster air tawar memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya lobster air tawar yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis budidaya lobster air tawar ini tidak sulit. Bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil. Anda dapat memulai bisnis budidaya lobster air tawar di lahan kecil atau pekarangan rumah.

Pemasaran budidaya lobster air tawar

Dalam berjualan budidaya lobster air tawar, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar, rumah makan, restoran atau hotel. Juga dapat memasarkannya lobster air tawar bagus ke swalayan atau supermarket.

Harga jual budidaya lobster air tawar

Patokan harga untuk budidaya lobster air tawar dapat Anda buat dalam hitungan per kg dimana harga mulai Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Ini tergantung dari harga lobster air tawar yang ada di pasaran.

Peralatan bisnis budidaya lobster air tawar

Dalam bisnis budidaya lobster air tawar membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya pengadaan bibit lobster air tawar, selang dan paralon, wadah dan jerigen, pompa air, timba, jaring, terpal, pembuatan kolam lobster air tawar, peralatan pembersih kolam, sewa lahan, drum, dan lainnya. Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis budidaya lobster air tawar makin maksimal.

CARA MEMILIH INDUKAN LOBSTER BERKUALITAS
• Belilah indukan lobster di toko yang memiliki sertifikat
• Perhatikan bibit, bebet, dan bobot lobster. Sebaiknya pilih lobster dari keturunan yang unggul
• Pilih indukan yang telah berusia sekitar 5 hingga 6 bulan dan berukuran 10 cm
• Pilih indukan yang tumbuh lebih cepat dari yang lain
• Jangan memilih lobster yang memiliki kepala lebih besar dari tubuh dan ekornya
• Pilih lobster yang gemuk. Hal ini menandakan lobster memiliki nutrisi yang cukup

Posting Komentar

 
Top